Mudah Kok, Begini Cara Mudah Hitung Simulasi Kredit Motor Serta Syarat Kredit Motor

simulasi kredit motor

Mamitama – Simulasi Kredit Motor memang bukan hal mudah dilakukan, tapi bila tahu caranya ternyata mudah kok melakukannya berikut ini akan dijelaskan cara menghitungnya sekaligus syarat kredit motor, agar anda tidak salah saat mengajukan kredit motor.

Memang harus diakui dikalangan masyarakat masih banyak saja yang kebingungan menentukan membeli motor dengan kredit atau membeli motor bekas, walaupun banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan keredit dengan cicilan yang ringan.

Namun ada baiknya kamu juga tahu penghitungan yang sebenarnya saat melakukan kredit motor. Agar lebih mudah difahami, yuk kita studi kasus.

simulasi kredit motor

Anggap saja kamu ingin membeli motor Honda Vario 150 dengan harga Rp. 20 Juta rupiah. Kemudian kamu memberikan uang muka sebesar 30 Persen dari harga total maka perhitungannya jadi seperti ini.

Perhitungannya adalah jika kamu membeli motor dengan harga Rp20 juta dengan bunga 1,56 % flat. kamu membayar DP sebesar Rp6 juta. Maka, total biaya yang harus kamu kredit adalah sebesar Rp14 juta.

Satu unit motor seharga Rp20 juta, dengan uang muka sebesar Rp6juta maka seharusnya kamu memiliki utang sebesar Rp.14juta.

Nah, cara menghitungnya adalah total bunga = (harga OTR-DP x persentase bunga tiap bulan x tenor 2 tahun)

(14.000.000×1,56 %) x 24= Rp218.400 x 24=Rp5.241.600

Sementara keseluruhan total utang yang kamu miliki adalah sisa utang (Rp 14jt)+ bunga utang (Rp.5.242.600) jumlahnya sebesar Rp 19.241.600. Nilainya satu unit yang jika dibayar lunas hanya Rp 20juta maka jika dicicil selama 2 tahun dengan uang muka Rp 6juta, kamu akan mengeluarkan yang yang bernilai Rp. 25.241.600. Semakin lama waktu cicilan yang dipilih tentunya akan membuat bunga akan terus membesar.

Namun simulasi perhitungan diatas hanya sebagai gambaran saja, karena pada dasarnya pada perusahaan pembiayaan juga akan memberikan biaya tamabahan seperti.

1.  Biaya Penalty

Beberapa kantor pembiayaan juga mengenakan biaya tambahan. Maka kamu harus juga menanyakan apasaja biaya tambahan yang mungkin akan kamu bayarkan. Jangan sampai biaya yang kamu bayarkan membengkak tanpa kamu sadari. Selain biaya penalty kantor pembiayaan juga biasanya mengenakan biaya administrasi.

Untuk biaya administrasi biasanya perusahaan pembiayaan menetapkan anatara Rp. 100 ribu – Rp. 150 ribu rupiah. Selain itu ada juga biaya fidusia, fidusia adalah besaran uang yang harus kamu bayarkan sebagai penjaminan antara kamu dan kantor pembiayaan agar menjamin perjanjian yang kalian lakukan sudah sesuai dengan undang – undang.

2. Asuransi

Asuransi memang menjadi pilihan bagi konsumen, namun bagi sebagian masyarakat rasanya sayang kalo motor barunya tidak asuransikan. Ini sebagai solusi kalo saja terjadi hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada motor baru kamu.

Ada dua jenis asuransi yang bisa kamu pilih yaitu asuransi All Risk dan Total Lost Only (TLO). Asuransi All Risk meng-cover semua kerugian pada motor, termasuk perbaikan. Sementara itu, asuransi jenis Total Lost Only hanya meng-cover jika terjadi kerusakan sebesar 70 % dan juga karena pencurian. Kamu bisa memilih penyedia asuransi yang terpercaya. Ada beberapa kriteria asuransi yang perlu dipenuhi. Seperti punya banyak fitur, ada cabang terdekat yang bisa kamu akses, sampai cepat dalam melayani klaim.

Nah setelah ditambah biaya tambahan diatas maka simulasi penghitungan kredit motor dapat kita hitung, misalkan Kamu tertarik untuk kredit motor dengan harga cash Rp20 juta dan kamu harus membayar DP sebesar 30% dari harga cash. Sehingga, kamu harus bayar DP sebesar Rp6 juta dan sisanya yaitu Rp14 juta akan kamu kredit selama 2 tahun dengan flat 1,56 % tiap bulan. Bisa Disimulasikan menjadi :

Harga cash    : Rp20 juta

Uang DP       : Rp6 juta

Sisa utang    :  Rp14 juta

Total bunga   : (Harga cash-DP x persentase bunga per bulan x tenor 24 bulan)

(Rp14.000.000x 1,56 %) x 24= Rp 5.241.600

Total utang yang perlu dibayar= Sisa utang + total bunga

Rp14.000.000 + Rp5.241.600 = Rp 19.241.600

Cicilan per bulan = Total utang / jangka waktu cicilan = Rp19.241.600 / 24 = Rp 801.733,333

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *